Mengenal Processor Komputer dan Fungsinya

Apa itu Processor ?

Processor atau Microprocessor adalah sebuah perangkat keras yang menjadi otak sebuah komputer dan apabila PC tanpa processor maka PC tidak dapat dijalankan. Processor sering juga disebut sebagai pusat pengendali atau otak komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor merupakan suatu IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
Letak sebuah Processor adalah pada socket yang telah disediakan di bagianmotherboard, Processor dapat diganti dengan processor yang lain asalkan processor tersebut sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Banyak merk prosesor yang beredar dipasaran diantaranya Intel, AMD, IBM, Apple, Cyrix VIA, dan IDT. Namun ada 2 Perusahaan yang tekenal di dunia sebagai pengembang processor untuk PC yaitu AMD dan Intel.
Processor juga memiliki tugas membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu processor menjadi sangat panas sehingga biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin.

A.  Pengertian  Processor

            Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama dengan perangkat komputer lainnya. Secara lebih jelasnya adalah sebuah IC(Integrated Circuit) yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

             Secara umum fungsi prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukan atau data input, kemudian dari proses input menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD) dan Memori RAM. Satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses. Dengan kapasitas prosesor yang besar dan didukung oleh memori (RAM) yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan instruksi dengan cepat.

             Processor bertugas membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, dan ini dilakukan dalam kecepatan yang sangat tinggi. Oleh karena itu processor menjadi sangat panas sehingga biasanya dilengkapi dengan kipas pendingin.

Bagian terpenting dari prosesor terbagi menjadi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata;
  • Control Unit (CU), merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan kepada arithmatic logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan Perangkat-perangkat alat proses bersertaperlengkapan;
  • Memory Unit (MU), merupakan bagian dari processor yang menyimpan alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU.
Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan adalah:
  • Dual-Core mampu memproses beberapa aplikasi secara paralel. Dengan Hyper-Threading, beberapa tugas dijalankan melalui satu arus, tapi dengan dual-core, tugas-tugas ini dipisah menjadi dua arus dan tiap arus diproses sendiri-sendiri.
  • Hyper-Threading (HT) memungkinkan 2 pekerjaan untuk dijalankan pada saat yang sama (paralel). Dengan HT, anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa merasakan lagging/lamban.
  • L2 Cache: memori kecepatan tinggi tempat menyimpan data yang sering dipakai oleh CPU. RAM juga memori tetapi aksesnya lebih lamban. PC dengan L2 Cache yang besar memungkinkan lebih banyak data yang bisa diakses dari memori ini sehingga keseluruhan sistem bekerja lebih cepat. Cache ini disebut juga secondary cache dan mempunyai chip sendiri; sedangkan primary cache biasanya didalam CPU itu sendiri. Ukurang cache ada yang 512Kb sampai 2Mb atau lebih.
  • Front Side Bus: Mempengaruhi kecepatan data transfer dari CPU ke RAM dan graphics card dan sebaliknya. PC dengan FSB yang tinggi cocok untuk games dan digital media.
  • Execute Disable Bit: Menurunkan ancaman sekuriti dari virus seperti memory buffer overflow dimana aplikasi anti-virus tidak bisa menanggulangi.
  • Enhanced Intel SpeedStep: Menyediakan kemampuan yang maksimal jika diperlukan dan mengurangi jika tidak. Lebih sering dipakai di laptop atau notebook untuk mengirit penggunaan listrik dari baterai.
·         Extended Memory 64 (64-bit): Sistem dengan 32-bit CPU mempunyai maksimum kapasitas 4GB untuk RAM. Untuk menjalankan aplikasi yang besar dan memerlukan memori lebih besar dari 4GB, data extra akan ditulis di hard-disk sehingga memperlambat prosesnya.
Jenis-jenis Processor:


  • Socket, yaitu berbentuk kotak persegi yang terdapat pin (kaki) konektor;
  • Slot, yaitu berbentuk batangan yang ditancapkan pada port yang khusus disediakan untuk processor model slot. Pada umumnya processor jenis slot banyak ditemukan untuk komputer Pentium II dan Pentium III.
B.  Fungsi Processor
1.      Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer
Fungsi pertama dari sebuah processor adalah menjalankan pemrosesan informasi pada sebuah komputer. Ya, komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang disusun berdasarkan arsitektur dan juga berdasarkan penyusunan tertentu.
Salah satu komponen terpenting yang ada di dalam sebuah komputer adalah komponen informasi. Komponen informasi ini dapat diproses oleh sebuh komputer, dengan menggunakan fungsi dari sebuah processor. Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut, maka akan dihandle oleh processor.
2.      Mengitegrasikan keseluruhan komponen internak komputer agar dapat saling bekerja sama
Fungsi berikutnya dari sebuah processor adalah untuk mengintegrasikan keseluruhan omponen internal yang ada di dalam komputer. Komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing, dan saling terintegrasi satu sama lain. Sema komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi.
3.      Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap – tiap komponen komputer
Sebagai otak komputer, maka processor juga memiliiki fungsi dan juga tugas penting lainnya, yaitu mencegah agar tidak terjadi overlapping pada setiap komponen komputer. Jadi, ketika kita akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen harddisk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.
Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan fungsi dari sebuah processor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada ke dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing – masng di dalam sebuah sistem kerja komputer.
4.      Menjaga performa dari sebuah komputer
Merupakan salah satu fungsi lainnya dari sebuah processor. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.
Processor seringkali dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja. Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tingi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat.
Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini jug harus didukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Maka, meskipun sebuah processor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, anda juga tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.
5.      Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan
Sebuah compute akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diola sedemikian rupa, hingga nantinya sang komputer bisa membaca apa yang diinginkan dan juga diperintahkan oleh user, sehingga fungsi utama dari kompuer tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Nah, untuk mendukung fungsi pengolahan algoritma ini, maka processor sudah pasti memegang peranan yang sangat penting. Processor membantu mengolah perhitungan algoritma di dalam sebuah komputer, sehingga nantinya setiap komputer bisa mendefinisikan dan juga mengeksekusi setiap perintah yang diberikan oleh masing – masing usernya.
6.      Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer
Setiap komputer sengaja diciptakan dan juga dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, dan juga untuk beberapa tujuan spesifik. Ada banyak sekali tujuan spesifik dari sebuah komputer, seperti :
·         Tujuan desain dan juga arsitektural (3D)
·         Tujuan gaming (3D dan sound)
·         Tujuan server (Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa)
·         Tujuan khusus, seperti komputer peramal cuaca, pergerakan awan, seismograph, dan sebagainya.
Untuk mendukung berbagai tujuan spesifik dari komputer tersebut, maka sebuah processor tentu saja memegang fungsi dan juga epranan yang sangat penting. Setiap processor memilki kemampuan dan juga spesifikasi tersendiri, yang tentu saja sengaja diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.
7.      Memastikan agar komputer dapat bekerja denan baik
Processor juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menjaga agar komputer bisa bekerja dengan baik. Ya, hal ini berhubungan erat dengan fungsi dar processor sebagai media integrasi antar komponen pemrosesan informasi, komponen input dan juga komponen output yang ada di dalam sebuah sistem komputer. Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, maka sebuah komputer pun nantinya akan dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, corrupt, dan banyak hal lainnya.
8.      Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer
Processor juga memilki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan juga stabiitas dari setiap komponen komputer yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overvoltage pada setiap komponen – komponen di dalam sebuah sistem komputer.
Selain itu, processor juga tidak dapat sembarangan dipasangkan dengan komponen komputer lainnya. Processor haruslah dipasangkan dengan motherboardRAM komputerVGA, dan komponen lainnya yang memiliki seri yang sama, sehingga seluruh komponen tersebut dapat bekerja dengan baik, dan tidak mengalami kendala tertentu.
9.      Menyalakan komputer
Power supply mungkin memang merupakan sebuah komponen dari komputer yang bertugas untuk memberikan suplai dan juga arus listrik bagi sebuah komputer. Namun demikian, ternyata, yang berperan penting untuk menyalakan sebuah komputer tidaklah hanya power supply. Processor juga memiliki peran dan juga fungsi yang penting untuk membantu menyalakan sebuah komputer. Arus listrik yang disuplai oleh power supply akan menyalakan processor, sehingga processor memiliki tenaga yang cukup untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen komputer.
10.  Sebagai otak dan juga pusat dari sebuah komputer
Fungsi terakhir, dan merupakan kesimpulan dari keseluruhan fungsi yang dimilki oleh sebuah processor adalah sebagai otak dan juga pusat kehidupan dari sebuah komputer. Ya, apabila diibaratkan sebagai manusia, processor adalah otak dari manusia. Processor membantu komputer dalam berpikir, menjalankan perintah, mengolah informasi, dan juga melakukan setiap pekerjaan yang harus dilakukan.
Dengan adanya processor, maka sebuah komputer akan dianggap sebagai sebuah perangkat yang pintar. Itulah sebabnya saat ini, apa yang juga kita kenal dengan nama smartphone juga memilki sebuah processor di dalamnya.
C.  Macam macam Processor
1.      Intel Processor

Intel processor merupakan salah satu produk paling terkenal bagi sebagian pengguna teknologi komputer. Jika dilihat dari segi produk, saingan terberat dari intel yaitu AMD . Intel adalah sebuah perusahaan multinasional yaitu Intel Corporation, yang berdiri pada tahun 1968 dengan pusat pengembangan dna produksinya berada di Amerika Serikat. Selain itu, perusahaan intel ini dikenal sebagai produsen yang mempunyai rancangan terhadap mikroprocessor. Berikut contoh produk intel processor yang beredar dipasarkan :
·        Intel Pentium 4 Extreme Edition2005
·        Intel Pentium D2005
·        Intel Core 2 Quad2006
·        Intel Quad Core Xeon2006
               ·         Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009

2.      AMD (Anvanced Micro Processor)
Secara luas Anvanced Micro Processor lebih dikenal dengan sebutan AMD. Tinggat penggunaan jenis processor AMD masih berada dibawah Intel namun produksi AMD ini terus melakukan pengembangan produk yang lebih baik.AMD merupakan sebuah perusahaan multinasional terbesar kedua setelah intel corporation yang berbasis pada pengembangan produk processor untuk komputer.
Pusat pengembangan dan produksinya berada di Sunnyvale, California. Selain itu, AMD merupakan perusahaan pemasok global mikroprocessor yang mengadopsi arsitektur X86. Berikut contoh produk AMD processor yang beredar dipasarkan :
·        AMD Phenom II X4 970 Black dengan spec 3,5 GHz,4x 512,6 KB
·        AMD Phenom II X6 1055T dengan spec 2,8 GHz,6x 512,6 KB
·        AMD Phenom II X6 1075T dengan spec 3 GHz,6x 512,6 KB
·        AMD Phenom II X6 1090T BK dengan spec 3,2 GHz,6x 512,6 KB
·        AMD Phenom II X6 1100T BK dengan spec 3,3 GHz,6x 512,6 KB

3.      ARM Processor

ARM Processor merupakan sebuah perusahaan dimana didalamnya terdapat arsitektur processor mencapai 32 bit. Pusat pengembangan dan basis produksi ARM Processor ini berada dibawah lisensi ARM Limited. Processor ini digunakan untuk processor pada ponsel, jadi tidak heran jika hardware ini banyak tertera pada berbagai macam smartphone.
ARM processor berpusat di Cambridge, Inggris yang berdiri sejak tahun 1990 dengan nama Advanced RISC Machines. ARM processor memang di desain khusus yang berfokus pada pasar mobile. Berikut ini adalah jenis ARM Processor pada mobile pada vendor Samsung:
·        Qualcomm Snapdragon
·        Texas Instrument OMAP
·        Nvidia Tegra
·        Samsung Hummingbird

4.      Cyrix Processor

Cyrix merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan terhadap mikroprocessor komputer. Awal pendirian perusahaan serta produksi produk dilakukan pada tahun 1988. Pusat pengembangan dan produksi processor ini beradadi Texas. Perlu kita ketahui bahwa Cyrix ini merupakan salah satu pemasok processor yang mempunyai performa cukup tinggi. Berikut contoh produk Cryrix processor yang beredar dipasarkan :
·        Cyrix 5×86
·        Cyrix 6×86 (M1)
·        Cyrix MII
·        Cyrix MediaGX
·        Cyrix MII-433GP

5.      Transmeta Processor

Transmeta ini merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan pada bidang semi konduktor mikroprocessor. Pusat pengembangan serta produksinya terletak di California.
6.      Via
Via ini merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pengembangan atau riset terhadap chipset. Berbeda dari kebanyakan produsen processor yang dikembangan dieropa, produk yang satu ini merupakan salah satu bagian dari Formisa Plastics Group dimana pusat pengembangan serta produksinya dilakukan di Taiwan.
7.       Apple Processor
Apple ProcessorPada mulanya, perusahaan ini dikenal dengan nama Apple Computer, Inc namun belakangan ini perusahaan processsor dibawah lisensi apple ini disebut sebagai Apple Inc saja. Pergantian nama ini dilakukan pasca peluncuran produk baru iphone.
Perusahaan multinasional yang memproduksi beragam processor yang fokus pada bidang perancangan, resource, serta penjualan produk elektrik perangkat lunak komputer.
Pusat pengembangan dan produksinya berada di Silicon Valley, Supertino, California. Berikut contoh produk Apple Inc Processor processor yang beredar dipasarkan:
·        Apple Pascal
·        Apple CP/M
·        Apple SOS
·        Apple ProDOS
·        Macintosh

8.      IBM Processor
IBM merupakan kependekan dari International Bussiness Machines Corporation adalah suatu perusahaan yang melakukan produksi serta penjualan beragam hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. Pendirian perusahaan IBM dilakukan pada 16 Juni 1911 lalu pelaksanaan produksinya mulai beroperasi sejak tahun 1888. Berikut beragam processor yang diproduksi oleh IBM :
·        Pentium II Xeon
·        IBM POWER4
·        IBM POWER5
·        IBM POWER6
·        IBM POWER7

9.      IDT Processor
Perusahaan ini mempunyai nama Integratetd Device Technology namun lebih dikenal dengan sebutan IDT. Produksi processor yang dihasilkan oleh IDT ini termasuk murah jika dibandingkan dengan processor dari merk lain. Tempat pengembangan dan produksinya berada di San Jose, Clifornia, Amerika Serikat.
Pendirian perusahaan ini dilakukan pada tahun 1980 lalu pada tahun 1997 untuk pertama kalinya, IDT meluncurkan processor WinChip. Berikut beragam jenis processor yang dihasilkan oleh IDT:
·        Winchip C6 (0.35 µm)
·        WinChip 2 (0.35 µm)
·        WinChip 2A (0.35 µm)
·        WinChip 2B (0.25 µm)
·        WinChip 3 (0.25 µm)

D.  Cara Kerja Processor
menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 (tiga) hal dasar diantaranya:


  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambaghan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.


Sederhananya cara kerja prossesor intinya ialah menerima umpan ataupun perintah masuk (inpot) baik dari mouse, keybord atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait.

Ketika processor bekerja maka tidak bisa terlepas dari komponen/peralatan pendukung lainnya seperti Harddisk dan Memory (RAM). Ketiga bagian tersebut akan terus saling terhubung satu sama lain dalam memproses suatu data. Fungsi Processor diibaratkan seperti otaknya komputer, yang akan memerima data kemudian memprosesnya lalu outputnya dikirim kembali ke memory atau pun harddisk.
Sebenarnya bahasa / kalimat yang dikenali oleh processor hanya angka 0 dan 1. Dua angka itu saja. Disebut juga bahasa mesin / bilangan biner (01011001). Angka 0 diartikan dengan tidak adanya sinyal listrik, dan angka 1 diartikan dengan adanya sinyal listrik.

Mengapa Processor Cepat Panas ?
Untuk itu saya akan menjabarkan beberapa hal yang dapat menyebabkan CPU atau processor komputer panas (melebihi batas normal) yaitu :
1.   Virus komputer dan malware
Ini merupakan hal yang paling sering yang menyebabkan processor komputer panas. Virus yang dapat menyebabkan panasnya processor ini biasanya berupa sebuah sofware yang memiliki ekstensi .exe sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa file ini adalah virus. Saat software ini dijalankan maka akan ada banyak software yang berjalan secara bersamaan pada komputer anda. Dan ini akan berakibat pada beratnya kinerja processor yang kemudian akan menyebabkan processor menjadi panas.
2.   Peningkatan kinerja processor (overlocking)
Peningkatan kinerja processor akan sangat berpengaruh pada suhu processor, karena processor atau CPU akan dipaksa mengeluarkan kinerja lebih dan akan berujung pada panasnya suhu processor.
3.   Penggunaan komputer 24 jam nonstop
Ini juga dapat menyebabkan processor komputer panas, namun yang menyebabkan processor panas disini ialah penggunaan aplikasi berat selama 24 jam tanpa henti. Ini benar – benar beresiko membuat processor komputer panas.
4.   Menjalankan aplikasi yang berat
Hal ini sangat berkaitan erat dengan penyebabnya panasnya processor nomor 4 dan juga sangat beresiko membuat panasnya suhu processor. Saat anda menjalankan aplikasi yang berat, aplikasi tersebut membutukan kinerja processor dan memori yang cepat jadi akan sangat bisa membuat processor anda menjadi panas.
5.   Thermal pasta pada processor sudah kering
Pasta ini berfungsi untuk menyerap panas dari processor dan menyalurkan panas tersebut ke fan atau kipas yang berada diatas processor. Hal yang membuat thermal pasta mengering adalah umur, biasanya thermal pasta berumur kurang lebih 3 tahun. Saat thermal pasta processor mengering maka suhu processor akan lebih cepat panas.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang membaca. 
Sumber:
http://www.pro.co.id/jenis-jenis-processor-pada-komputer/
https://ranah-informasiku.blogspot.co.id/2016/04/penyebab-cpu-processor-cepat-panas.html

Komentar

Postingan Populer